menyimak merupakan salah satu kemampuan berbahasa yang sangat penting, karena merupakan salah satu bentuk kegiatan dalam berkomunikasi, sebagaiman yang dipaparkan oleh jiwandono "bahwa tanpa menyimak yang baik, akan terjadi banyak kesalapahaman dalam berkomunikasi antar sesama pemakai bahasa." oleh karena itu kemampuan menyimak merupakan bagian bahasa yang sangat penting.
Dalam pembelajaran bahasa arab kita dapat menggunakan beberapa metodhe, anatara lain:;;
1. Metode s-sam'iyah assyafahiyah.
metode ini memiliki karakteristik:
dalam menyusun tes istima' ada beberapa langkah, supaya tes menjadi valid,realibel dan praktis.
2. memilih materi tes
3. menetukan skor
4. uji coba tes.
Dalam pembelajaran bahasa arab kita dapat menggunakan beberapa metodhe, anatara lain:;;
- metode gramatika terjemah
- Metode langsung
- Metode membaca
- Metode audiolingual
- Metode komunikatif
- Metode elektik
1. Metode s-sam'iyah assyafahiyah.
metode ini memiliki karakteristik:
- tujuan pengajaranya adalah penguasaan secara seimbang keempat maharah.
- urutan penyajianya adalah: istima',kalam,qiro'ah dan kitabah.
- penguasaan pola kalimat dilakukan dengan latihan - latihan pola. mengikuti urutan stiulu - respon - reinfoorcement.
- kekuatan
- siswa dapat memiliki keterampilan pelafalan yang bagus
- siswa dapat terampil membuat kalimat-kalimat yang sudah dilatihkan
- suasana kelas menjadi hidup.
- kelemahanya.
- respon pelajar cenderung mekanistis.
- siswa hanya mampu menggunakan kata yang diajarkan didalam kelas.
- latihan latihan pola bersifat manipulatif, tidak kontekstual dan tidak realistis.
- melafalkan ulang kata/kalimat yang diperdengarkan.
- mengidentifikasi bunyi
- membedakan bunyi yang mirip
- menentukan makna melalui gambar
- merespon ujaran berupa kalimat melalui gerak
- memahami teks sederhana dalam bentuk dialog
- memahami teks sederhana dalam bentuk narasi.
dalam menyusun tes istima' ada beberapa langkah, supaya tes menjadi valid,realibel dan praktis.
- tahap persiapan:membut kisi - kisi evaluasi
- kompetensi dasar
- indikator
- jenis dan bentuk evaluasi
- jumlah instrumen
2. memilih materi tes
3. menetukan skor
4. uji coba tes.
- mengenai analisis validits
- analisis realibitas
- analisis butir soal
- analisis daya beda
Tidak ada komentar:
Posting Komentar